MATARAM, LOMBOKTODAY.ID – Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat penjualan yang cukup positif sepeda motor Honda di semester I 2025.
Honda Vario 160 dan Honda PCX menjadi unit terlaris sejak awal tahun. Model ini dinilai memiliki keunggulan dari sisi desain, teknologi, dan efisiensi bahan bakar. Penjualannya mengalami pertumbuhan signifikan, dengan kontribusi antara 10% hingga 12% secara tahunan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2024.
Ke depan pada semester II tahun 2025 ini, diyakini penjualannya akan semakin tumbuh positif di tengah tantangan ekonomi yang tidak sederhana. “Persentase penjualan Honda, memang sampai saat ini, sampai bulan Juli, kita masih ada minus 5 persen. Harapan kami di bulan Juli ini sudah ada recoverynya, sudah mulai growth (tumbuh). Minus ini sudah akan ketutup,” jelas Kepala Wilayah Astra Motor NTB, Jeffry Mei Gamastra Runawang.
Dalam skala nasional, Astra Motor menargetkan pertumbuhan penjualan tahunan antara 3% hingga 5% pada 2025. Target ini juga berlaku di wilayah NTB, dengan harapan dapat menyamai atau melampaui capaian tahun sebelumnya.
Menurut Jeffry, strategi untuk mencapai target tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik konsumen untuk semua kalangan. Meningkatnya roda perekonomian di NTB yang sangat luar biasa, khususnya di pertanian, termasuk pariwisata selain pertambangan menjadi daya ungkit terhadap penjualan motor Honda.
Sebagai Kepala Wilayah Astra Motor NTB sangat mensupport apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah NTB.
Untuk mendongkrak penjualan, kata Jeffry, Astra Motor NTB punya strategi khusus dan pastinya menyasar ke generasi Gen X, Gen Y, Gen Z. Salah satunya generasi Gen Z, yang tentunya ingin sesuatu yang fleksibel, feature-feature yang baik, yang penting simple.
Selain inovasi produk, Astra Motor NTB juga terus memperkuat layanan purnajual serta distribusi yang merata dari Pulau Lombok hingga Sumbawa. Upaya ini menjadi kunci dalam menjaga kepercayaan pelanggan di wilayah yang geografisnya cukup menantang.
“Karena kami terus menghadirkan produk yang tidak hanya mengandalkan performa, tetapi juga fleksibilitas dan fitur yang relevan. Generasi muda misalnya, mencari kendaraan yang simpel, mudah digunakan, dan dilengkapi fitur seperti charger ponsel yang kini sudah tersedia hampir di seluruh tipe motor Honda kami. Dengan semangat adaptasi dan inovasi, Astra Motor NTB terus berkomitmen untuk menjadi mitra mobilitas andalan masyarakat Nusa Tenggara Barat, sekaligus kontributor aktif dalam menggerakkan roda ekonomi daerah” tutup Jeffry.(amn)