MATARAM, LOMBOKTODAY.ID – Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat terdampak banjir di wilayah Sweta, Kota Mataram, Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda kembali menunjukkan komitmennya melalui program CSR bertajuk “Honda Betulung di Sweta”.
Kegiatan sosial ini berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu, tanggal 19-20 Juli 2025, berlokasi di Lapangan Gegerung Indah BTN Sweta, Kota Mataram.
Astra Motor NTB bersama jaringan AHASS-nya yang terdiri dari Daya Motor Mataram, Sumber Purnama Sakti (H123), Sumber Purnama Sakti MGM (H23), Sumber Sentosa Abian Tubuh, Astra Motor Ampenan, dan Astra Motor Brawijaya, berkolaborasi untuk membantu warga yang sepeda motornya terdampak banjir yang melanda beberapa minggu lalu.
Dalam kesempatan ini, 100 voucher servis gratis dibagikan kepada warga di tiga RT paling terdampak yaitu RT 03 Sakura, RT 04 Cempaka, dan RT 07 Anggrek, sesuai dengan koordinasi bersama pengurus lingkungan setempat.
Voucher gratis tersebut meliputi layanan pengecekan servis, penggantian oli, dan penggantian busi secara cuma-cuma untuk memastikan sepeda motor warga kembali layak pakai setelah sempat terendam air.
Berdasarkan data dari Kepala Lingkungan Sweta, Muktar Arif, terdapat 634 KK yang terdampak banjir di delapan RT, dengan 132 KK di tiga RT tersebut mengalami dampak paling parah, dimana ketinggian air sempat mencapai 1,5 meter atau setara dada orang dewasa.
Muktar Arif mengapresiasi kehadiran Honda yang selama ini memang telah akrab dengan warga BTN Sweta melalui berbagai aktivitas seperti pameran motor, penyebaran brosur, dan hiburan musik.
“Begitu tahu Honda mau mengadakan CSR untuk bantu servis motor warga yang terendam banjir, respon warga sangat positif. Apalagi memang banyak motor yang terendam dan butuh segera diperbaiki. Terima kasih Honda atas partisipasinya semoga Honda dapat eksis selalu,” ujar Muktar.
Terpisah dikatakan oleh Jeffry Mei Gamastra Runawang selaku Kepala Wilayah Astra Motor NTB, melalui program ini, Astra Motor NTB berharap dapat meringankan beban masyarakat dalam memulihkan kondisi kendaraan mereka pasca banjir.
“Kami bersama jaringan dealer dan bengkel AHASS berkomitmen untuk terus hadir memberikan kontribusi nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat, tidak hanya melalui produk berkualitas tetapi juga melalui aksi sosial yang bermanfaat. Semoga bencana seperti ini tidak terulang lagi dan Kota Mataram lekas bangkit dan pulih,” tutup Jeffry.(amn)